Warga Tumang Laung Demo PT IMK

Puruk Cahu. Pelita

Merasa tidak mendapat perhatian. Minggu (28/3). ratusan warga Kelurahan Tumang Laung termasuk warga Desa Sungai Gula dan Sungai Batang Kecamatan Permata Intan Kabupaten Murung Raya (Mura) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar aksi demo ke direksi PT Indo Muro Kencana Straits (IMK).

Warga menuntut PT IMK. yang selama puluhan tahun beroperasi menambang emas, agar bersedia membantu masyarakat memperbaiki jalan dari Simpang Maan menuju RT 11 Kelurahan Tumang Laung. Aksi demo yang dikoordinatori Davit ini mendapat pengawalan ketat dari pertugas Mapolres Mura.Diungkapkan Davit, aksi tersebut merupakan bentuk kekesalan warga yang selama ini tidak mendapat perhatian dari pihak perusahaan, yang selama puluhan tahun mengeruk emas di wilayah desanya. Bahkan beberapa kali permohonan warga untuk dibantu meperbaiki Jalan kases desa menuju ibu kota kabupaten ditolak.

“Kami hanya meminta PT IMK bersedia membantu masyarakat memperbaiki jalan dari simpang Maan menuju RT 11 Tumang Laung sepanjang 10 Km. Namun tidak pernah ditanggapi serius dan hingga kini permohonan tersebut masih menggantung, padahal desanya merupakan wilayah pusat tempat IMK beroperasi.” kata Davit.Sebelumnya, kata Davit, warga telah bertemu dengan pihak IMK sebanyak dua kali. Pertama difasilitasi oleh perangkat desa dan tokoh masyarakat, namun menemui Jalan buntu. Kedua, difaslitasi oleh pihak Kelurahan Tumbang Laung namun tetap tidak ada kesepakatan karena permohonan warga tidak disetujui.(uzi)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: